Monday, September 5, 2011

RIZKA PIMPIN OSIS SMK KOLESE

Di ‘’Pemilu’’ yang Diikuti 4 Kandidat

SUPRIZAL TANJUNG, Batam

PELAJAR
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kolese Tiara Bangsa, Rizka Noviani terpilih sebagai ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di lantai dua, gedung SMK Kolese Tiara Bangsa, Komplek Permata Hijau No.5-9 Batam Centre, Jumat (22/7/2011) pukul 09.00 WIB sampai selesai.

Rizka Noviani (kiri) dan alon ketua OSIS lainnya memaparkan visi misi mereka di hadapan pelajar dan guru, di Sekolah SMK Kolese, Jumat (22/7/2011). F Suprizal Tanjung.

Saat pemilihan tersebut tampil empat kandidat yaitu, Septian Nugraha di nomor urut 1 mendapat 10 suara, Vio Oktarina di nomor 2 mendapat dua suara, Andi Bakti di nomor urut 3 mendapat 19 suara, dan Rizka Noviani di nomor urut 4 mendapat 89 suara. Dari perolehan suara ini jelas, Rizka memimpin ratusan pelajar yang ada di tiga jurusan SMK, yaitu Akuntansi, Multimedia, Administrasi Perkantoran selama masa periode Juli 2011 sampai Juli 2012.

Kemenangan siswi kelas XI jurusan Akuntansi ini memang telah diprediksi sebagian besar pelajar, guru, dan juga para undangan lainnya. Orasi Rizka sangat mempesona. Rizka yang baru saja mengkikuti program Emotional and Spiritual Quotient (ESQ) yang digelar Disdikpora Provinsi Kepri, dengan cepat, cerdas, dan berisi ketika menjawab pertanyaan (guru) Dra Helena GS, Enjang Suhardin, Ice Desvikayati. Visi misi Rizka menomorduakan kepentingan pribadi dan mengedepankan/ membangun kemajuan SMK Kolese, menjadi pendorong moral para pelajar agar memilihnya di bilik suara.

Tepuk tangan, aplaus pajang kerap membahana ketika empat calon memaparkan konsep kerja mereka, terutama Rizka, selama memimpin lembaga OSIS.

Format pemilihan OSIS ini benar-benar diseting seperti suasana Pemilu. Hal ini bisa dilihat dengan disediakannya bilik suara, surat suara, bantalan untuk mencoblos, kotak suara, saksi, dan juga pengawas pemilihan.

Sementara itu, Kepala SMK Kolese Saiful Nashri ST dan Wakilnya Charles SE menyebutkan, sekolah ini tidak terpaku kepada pengajaran ilmu pengetahuan dan intelektual semata. Pelajar juga dibekali dengan berbagai ilmu dan wawasan dalam berbagai sektor kehidupan. Khusus pemilihan OSIS, sengaja digelar dengan format Pemilu. Tujuannya, agar pelajar mempunyai pengalaman, wawasan, sekaligus praktik, tentang berbicara di hadapan orang banyak.

‘’Kita menyiapkan pelajar bukan hanya pintar secara akademisi. Pelajar harus pula pintar menyampaikan pikirannya kepada orang lain. Kemapuan tersebut tidak perlu menunggu sampai tamat sekolah/ kuliah. Di SMK yang mulai beroperasi sejak 2009 ini pelajar dibekali dengan banyak ilmu pengetahuan,’’ sebut putra Aceh yang juga alumnus Universitas Syiah Kuala tersebut.

Saiful yang mulai mengajar SMK Kolese sejak 14 Juli 2011 itu melanjutkan, sejak awal pendidikan, 23 guru di sekolah ini telah menanamkan semangat mandiri, kreatif, dan rajin. Keberhasilan seorang pelajar tidak hanya bergantung kepala kelengkapan SMK Kolese, tidak bergantung kepada kualitas para guru semata. Prestasi dan masa depan ditentukan dengan mental dan semangat pelajar yang mau memanfaatkan semaksimal mungkin fasilitas (sekolah, guru) di SMK Kolese.

Charles menambahkan, didirikan tahun 2009 lalu. Sekolah ini di bawah naungan Yayasan Pendidikan Widya Anindya atau lebih dikenal dengan nama LEPISI. Lepisi didirikan pada 10 November 1987 lalu. Di sekolah ini, pelajar disiapkan agar pintar, bermoral, dan tahu ilmu pengetahuan dan terknologi terbaru.

‘’Lebih dari itu, kita juga menyiapkan mereka bisa menjadi pemimpin di level terkecil maupun level besar nantinya,’’ harap Charles. ***


Kepala SMK Kolese Saiful Nashri ST (kanan) dan Wakilnya Charles SE. F Suprizal Tanjung.

Kepala SMK Kolese Saiful Nashri ST. F Suprizal Tanjung.

Calon ketua OSIS memaparkan visi misi mereka di hadapan pelajar dan guru, di Sekolah SMK Kolese, Jumat (22/7/2011). F Suprizal Tanjung.

Sekolah SMK Kolese, Jumat (22/7/2011). F Suprizal Tanjung.

Sekolah SMK Kolese, Jumat (22/7/2011). F Suprizal Tanjung.

Rizka Novian. F Suprizal Tanjung.

No comments:

Post a Comment